NEWS
DETAILS
Rabu, 19 Apr 2023 09:35 - Sumut Honda Bikers

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat akan merayakan hari kemenangannya bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Untuk perjalanan jauh, banyak yang memilih menggunakan transportasi publik dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah. Bagi calon pemudik yang meninggalkan sepeda motor di rumah, simak beberapa hal yang harus dilakukan agar saat kembali pulang setelah mudik, sepeda motor kesayangannya tidak bermasalah karena ditinggal terlalu lama.

Berikut tips agar sepeda motor kesayangan tetap handal dan prima saat ditinggal mudik:

 

1.    Cuci Bersih Sepeda Motor

Usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat sekaligus tidak meninggalkan bau tidak sedap selama ditinggal mudik. Perhatikan kebersihan bagian kolong step floor pada motor matic agar tidak luput saat membersihkan motor.

 

2.    Kurangi Volume Bahan Bakar

Kosongkan tangki bahan bakar jika sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama guna pertimbangan keamanan. Jangan lupa juga cek apakah ada kebocoran tangki dari bahan bakar, rembesan oli mesin, coolant dan oli suspensi.

 

3.    Pastikan Tekanan Ban dan Posisikan Motor Standar Tengah

Wajib memeriksa kondisi tekanan ban sebelum ditinggal mudik, sesuaikan tekanan ban dengan ketentuan. Pada saat ditinggalkan dengan posisi parkir dalam waktu lama, biasanya tekanan angin ban dapat berkurang karena perubahan suhu. Ini biasanya terjadi jika ban tidak dilapisi alas, sehingga bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin. Penggunaan standar tengah dapat membantu kestabilan motor tetap terjaga dan kondisi ban tidak menerima beban berlebih atau tertekan oleh bobot motor ketika dalam kondisi parkir.

 

4.    Lepas Kedua Kabel Aki Motor

Sebelum meninggalkan motor sebaiknya cabut kedua kabel aki. Hal ini untuk menghindari aki soak setelah ditinggal lama. Aki yang kabelnya  tidak dicabut dan ditinggal lama bisa soak karena baterai berpotensi masih mengeluarkan sedikit muatan listrik saat terhubung dengan motor.

 

5.    Simpan Motor dalam Ruangan.

Pastikan sepeda motor Anda disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan sebaiknya berada di dalam ruangan. Simpan motor di dalam rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, agar motor tetap bersih dari debu dapat menutupnya dengan menggunakan sarung atau cover motor.

 

6.    Kunci Setang dan Kunci Tambahan

Tak kalah penting, pastikan sepeda motor sudah dikunci dengan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk menghindari tindak kejahatan, motor yang ditinggal di rumah dihimbau selalu kunci setang dan pakai kunci tambahan.

 

“Merawat sepeda motor bukan hanya saat digunakan, namun juga perlu dipastikan kondisinya tetap prima dan terhindari dari kerusakan saat ditinggal selama liburan. Sehingga, aktivitas silaturahmi di kampung halaman tetap membawa kegembiraan dan kita dapat beraktivitas produktif kembali setelah kembali beraktivitas,” ujar Herry Chairy T, Technical Training Manager PT Astra Honda Motor.

 

Sementara itu, Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, silaturahmi di hari kemenangan bersama motor kesayangan tentu menjadi impian yang harus diwujudkan. Namun motor juga harus tetap dalam kondisi prima jika harus ditinggalkan selama mudik, agar tetap #cari_aman jika kembali menjadi teman setia menemani aktivitas harian. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK