NEWS
DETAILS
Rabu, 22 Jul 2020 11:09 - Sumut Honda Bikers
Para pengguna sepeda motor tentunya sudah sangat akrab dengan yang namanya rem atau brake yang menjadi syarat mutlak dan dikatakan layak jalan jika berfungsi dengan baik tanpa adanya masalah. Meskipun banyak yang menganggap penggunaan rem begitu mudah, namun faktanya masih banyak para pengendara yang belum menguasai teknik pengereman yang baik dan benar.
 
Tanpa disadari, hingga saat ini masih banyak yang salah kaprah terkait fungsi rem yang sebenarnya bukan untuk menghentikan motor, namun untuk memperlambat laju kendaraan secara bertahap hingga kecepatan motor mencapai 0 atau berhenti total. Kareanya jangan melakukan pengereman terlalu dekat dengan pengendara di yang berada di depan. Lakukanlah pengereman dari jarak jauh, sehingga akan  meminimalisir terjadinya tubrukan.
 
Bahkan, kebiasaan pengendara motor yang hanya menggunakan dua jari yang ditaruh di tuas rem depan dan belakang motor menjadi hal yang sangat membahayakan keselamatan. Karena pengereman menjadi tidak maksimal yang diakibatkan cengkraman pada tuas rem begitu lemah.
 
Prilaku berkendara yang ugal-ugalan juga dipastikan akan mempersulit pengereman dan menambah besar resiko buruk yang dapat terjadi. Sehingga tidak dipungkiri,  berbagai kesalahan tersebut dapat menaji  pemicu ketidaknyamanan dalam berkendara bahkan akibat terburuknya dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.
 
Sofyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan mengendarai motor memang tidak hanya cukup bermodalkan bisa ngegas dan ngerem saja. Namun, harus ada pengetahuan dasar terkait berkendara aman yang sejatinya harus dikuasai oleh para pengguna motor. Seperti halnya pengetahuan yang mengharuskan untuk menggunakan empat jari dalam melakukan pengereman, sehingga tuas rem akan tercengkram lebih baik sehingga pengereman dapat lebih maksimal.
 
“ Mengerem yang benar-benar efektif adalah dilakukan secara bersamaan antara rem depan dan belakang, menggunakan empat jari, dan bukan memerlukan power tapi memerlukan akurasi yang tepat. Artinya, apabila teknik pengereman telah dikuasai dengan baik, maka pengendara akan dapat mengendalikan motornya di segala kondisi dengan baik dan aman , “ ujarnya.
 
Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat sangat mengandalkan sepeda motor sebagai sahabat saat melakukan aktivitas harian. Karena itu, Honda ingin terus membekali para pengedara motor dengan berbagai pengetahuan terkait cara berkendara aman, seperti halnya terkait teknik pengereman yang benar guna melindungi keselamatan para pecinta Honda dari resiko kecelakaan yang fatal. “ Selalu utamakan keselamatan saat berkendara dengan motor di jalan, karena hidup sangat berharga untuk disia-siakan, “ ujar Gunarko.
RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK