NEWS
DETAILS
Kamis, 25 Jul 2019 13:37 - Sumut Honda Bikers
15 pebalap belia peserta Astra Honda Racing School (AHRS) memulai perjalanannya untuk meraih impian sebagai pebalap kelas dunia. Setelah melalui tahap seleksi yang diikuti lebih dari 80 pebalap, Maret 2019 silam, kini skill dan mental balap mereka ditempa dan diasah dalam program pelatihan AHRS Batch I yang dilaksanakan di Sirkuit Gerry-Mang, Subang, Jawa Barat, 19-21 Juli 2019.
 
Selama tiga hari, pebalap-pebalap cilik mendapatkan materi pengajaran yang tak bisa didapatkan hanya dari pengalaman mengikuti ajang balap nasional. Dibagi menjadi tiga grup, mereka wajib menyerap berbagai macam materi yang diberikan para mentor yang kenyang gelar juara, yakni Wawan Hermawan, Sudarmono, dan Hokky Krisdianto.
 
PT Astra Honda Motor (AHM) juga sudah menyiapkan segala keperluan mulai dari pakaian balap lengkap termasuk helm, sarung tangan, hingga sepatu balap. Termasuk mekanik yang akan membantu serta kebutuhan akomodasi dan konsumsi selama program dilaksanakan.  
 
Menariknya, para anak didik AHRS ini tak hanya diasah teori balap dasarnya, tetapi juga pengetahuan tentang bagian penting untuk menjadi pebalap profesional yang baik. Dimulai dengan sisi teknis, meliputi semua aspek pengetahuan teknik balap (Jumat), lalu juga pengetahuan tambahan yang sifatnya di luar aspek teknik balap, seperti sesi berbicara di depan umum (Sabtu).
 
Materi lain yang disiapkan dan akan menjadi porsi selanjutnya adalah pengetahuan tentang regulasi balap, mekanikal, dan masih banyak materi lainnya. Semua pengetahuan dasar tersebut dilengkapi dengan pemberian pengalaman memacu sepeda motor balap di sirkuit, menerapkan teori dasar yang sudah diberikan.
 
Deputy GM Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Andy Wijaya mengatakan, upaya mewujudkan masa depan pebalap harapan bangsa harus dimulai sejak dini. Oleh karena itu, perusahaan memberi kesempatan pada para pebalap belia yang lolos seleksi untuk mendapatkan tempaan fondasi balap yang sesungguhnya, dimulai dari usia sekolah, dan mendapatkan atmosfer balap sesungguhnya dengan sepeda motor khusus. “ Setelah kami menanamkan fondasi ini, kami berharap mereka yang bergabung dalam AHRS 2019 mampu menunjukkan prestasi gemilang, mengharumkan nama bangsa paling tidak lima tahun mendatang,” ujar Andy.
 
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan dengan semangat Satu Hati Honda tetap berupaya mempertahankan dan memperkuat komitmen dalam mendampingi pebalap muda bertalenta yang ingin memaksimalkan potensinya untuk mewujudkan mimpi di dunia balap dan memberikan kebaanggan bagi bangsa. Menurutnya program pelatihan AHRS ini akan menjadi pijakan awal yang akan membentuk masa depan pebalap Indonesia di kancah balap dunia.
 
Tak lagi sepeda motor produksi massal yang mereka gunakan untuk berlatih. Honda menyiapkan Honda NSF100 sebagai tunggangan dengan spesifikasi balap untuk tahap dasar. Sepeda motor ini diyakini mampu memberikan feeling berkendara yang mirip dengan motor prototipe pada MotoGP.
 
Peserta AHRS juga mendapatkan pengalaman balapan yang mengasah skill mereka sejak dini. AHM memberikan pengetahuan dan pengalaman balap bak mengikuti ajang sesungguhnya. Setiap siswa akan dinilai setiap hari dan dipantau perkembangannya. Diharapkan nantinya akan terukur, hal-hal apa yang masih menjadi kekurangan untuk dibenahi, dan apa saja yang menjadi kekuatan masing-masing pebalap untuk dikembangkan di masa depan.
 
Pelatihan tahap 2 (batch II) selanjutnya akan dilaksanakan pada 7-9 Agustus 2019 mendatang di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya. Sementara tahap 3 (batch III) akan dilaksanakan di Surabaya pada 6-8 September 2019.
 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK