NEWS
DETAILS
Kamis, 19 Apr 2018 13:55 - Sumut Honda Bikers
PT Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan pengembangan pebalap muda Tanah Air dengan mengikutsertakan 3 siswa Astra Honda Racing School (AHRS) potensial pada ajang Thailand Talent Cup (TTC) 2018. Langkah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman balap internasional pada para pebalap muda tersebut.
Ketiga siswa balap yang terpilih tersebut merupakan peraih prestasi dari kelas balap yang diadakan oleh AHRS, yaitu kelas CBR Dream Cup 250RR dan CBR Dream Cup 150R yang diselenggarakan di Sentul International Circuit pada tahun lalu. Mereka adalah Abdul Gofar, Herjun Atna Firdaus, dan Muhammad Hildan Kusuma. Dua pebalap pertama merupakan peraih posisi 1 dan 2 di klasemen akhir CBR Dream Cup 150R. Dengan usianya yang saat ini masih 13 tahun, keduanya akan menjadi pebalap termuda dari 20 pebalap yang ikut serta TTC 2018. Sementara itu, Muhammad Hildhan Kusuma (14) adalah juara kedua CBR Dream Cup 250RR. Sementara juara pertama CBR Dream Cup 250RR yaitu Afridza Munandar saat ini tidak bermain di TTC karena tengah berlaga di Asia Talent Cup 2018.
Keikutsertaan di ajang TTC ini merupakan kali kedua bagi siswa balap AHRS berprestasi. Pada tahun sebelumnya, Honda juga mengirim 2 pebalap potensial dari sekolah balap Honda AHRS untuk berpartisipasi di 4 putaran terakhir TTC dan berhasil menghasilkan kebanggaan bagi Indonesia.  Muhamad Adenanta (14) berhasil meraih 2 kali podium pertama dan 1 kali podium kedua dan Mario Suryo Aji (14), yang juga berhasil mempersembahkan podium 2 dan 3 sebanyak 1 kali di TTC 2017.
Saat ini, Adenanta dan Mario bersama membawa nama Indonesia berkompetisi di ajang Asia Talent Cup 2018 gelaran dari Dorna Sports yang juga sebagai penyelenggara MotoGP. Selain itu, Mario juga bersama Astra Honda Racing Team bermain di Asia Road Racing Championship 2018 kelas Asia Production 250cc.
GM Marketing Planing & Analysis AHM Division Agustinus Indraputra mengatakan ajang TTC merupakan salah satu tahap lanjutan program balap berjenjang Honda setelah melewati pembinaan dasar di sekolah balap AHRS. “Setelah melakukan pembinaan balap paling dasar di sekolah balap AHRS, saat ini kami ingin membangun mental dan wawasan balap sedini dan seluas mungkin bagi pebalap muda Tanah Air dengan memberi pengalaman balap di ajang balap internasional,” ujar Indraputra.
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan bahwa Ajang TTC ini dipastikan akan mengenalkan kompetisi balap sesungguhnya kepada 3 siswa Astra Honda Racing School (AHRS) di level internasional dan melihat kesiapan mereka sebelum nantinya masuk ke ajang balap yang lebih tinggi.”  Dengan mengikuti ajang balap bergengsi ini, kami berharap suasana kompetitif antar pebalap muda dari berbagai negara tersebut selain menambah pengalaman dan kemampuan mereka juga dapat menambah prestasi untuk Indonesia juara di tahun ini, “ ujar Leo Wijaya.
Bagi ketiga siswa AHRS tersebut, ini merupakan pengalaman pertama untuk balap di sirkuit internasional. Selain adaptasi dengan lintasan baru, para pebalap juga perlu membiasakan dirinya balap menggunakan sepeda motor balap NSF250R yang akan dipakai selama TTC 2018 berlangsung.
“Sungguh kesempatan luar biasa yang diberikan oleh Astra Honda kepada saya. Balap internasional ini akan menjadi pengalaman pertama bagi saya. Selain balapan pertama di luar Indonesia, ini pun menjadi kesempatan bagi saya menunggangi Honda NSF250R. Persiapan matang telah saya lakukan untuk bisa tampil maksimal pada balapan pertama di Thailand Circuit dengan unit balap tersebut. Mohon doa dan juga dukungan dari seluruh masyarakat di Indonesia agar saya mampu tampil maksimal sehingga meraih hasil yang maksimal juga,” ujar Hildhan.
“Saya sangat bangga bisa mewakili Indonesia dan juga Astra Honda di ajang balap Thailand Talent Cup. Setelah saya mengetahui akan dikirim oleh Astra Honda, saya segera mempersiapkan diri sebaik-baiknya, mulai dari latihan fisik hingga latihan dengan motor. Tantangan terbesar bagi saya adalah kondisi di Thailand yang saya belum ketahui sama sekali. Semoga saya mampu beradaptasi dengan cepat terhadap kondisi lingkungan, sirkuit, dan juga unit NSF250R yang akan saya kendarai untuk pertama kalinya,” ujar Herjun.
“Berbekal pengalaman yang telah saya dapatkan selama mengikuti Astra Honda Racing School, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengaplikasikan pelajaran tersebut pada event ini. Persiapan matang telah saya lakukan dalam menyambut event TTC ini. Semoga dapat menjadi bekal bagi saya untuk tampil kompetitif,” ujar Gofar.
Thailand Talent Cup (TTC) 2018 akan diadakan sebanyak 7 kali yang digelar di 2 circuit yaitu Buriram International Circuit, Buriram dan Thailand Circuit, Nakhon Pathom. TTC diikuti oleh pebalap muda dari 5 Negara Asia yaitu Thailand, Indonesia, India, Filipina dan Vietnam.
 
Berikut jadwal Thailand Talent Cup 2018
Putaran 1             : 19 – 22 April
Putaran 2             : 14 – 17 Juni
Putaran 3             : 12 – 15 Juli
Putaran 4             : 09 – 12 Agustus
Putaran 5             : 18 – 21 Oktober
Putaran 6             : 16 – 18 November
Putaran 7             : 30 – 02 Desember
 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK