NEWS
DETAILS
Rabu, 31 Jul 2024 11:51 - Sumut Honda Bikers

Kegemaran melakukan aktivitas touring dengan motor tentunya harus dibarengi dengan kepedulian pengendara untuk melakukan perawatan pada motor kebanggaannya. Tidak hanya perawatan ketika akan touring, namun usai melakukan perjalanan jarak jauh,  maka pengendara juga harus kembali memeriksakan kondisi kendaraannya.

 

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa pengecekan usai touring jarak jauh dilakukan karena ada kemungkinan motor yang dikendarai tidak lagi dalam kondisi prima. Menurutnya perjalanan jarak jauh menyebabkan kendaraan bekerja lebih ekstra, sehingga sangat dibutuhkan kembali pengecekan dan perawatan yang tepat sebelum memulai aktivitas.

 

Menurut Instruktur Technical terlatih Honda ini, ada sejumlah tips perawatan dan pengecekan kondisi motor selepas menempuh perjalanan jauh. Seperti halnya, mencuci motor sebagai aktivitas yang wajib dilakukan pertama kalinya, mengingat pastinya akan banyak kotoran seperti debu, tanah dan minyak yang menempel dan berpotensi mengganggu kinerja sejumlah komponen pada motor.

 

Selanjutnya, melakukan pengecekan pada oli mesin, baik volumenya, kekentalan, maupun warna dari oli tersebut. Oli mesin yang masih layak pakai biasanya bertekstur cairan kental dan berwarna bening dan volumenya tidak berkurang sesuai standar yang ditentukan pabrikan. Pengecekan kualitas oli mesin dapat dilakukan secara manual dengan memanfaatkan stik yang menyatu pada tutup oli pada mesin sepeda motor.

 

Komponen lainnya yang perlu dilakukan pengecekan adalah aki atau battery guna memastikan kondisinya tidak lemah atau rusak sehingga fungsi kelistrikan motor dapat bekerja dengan baik. Selain itu, komponen filter udara juga dinilai perlu untuk dicek kondisinya, karena, jika komponen ini tidak segera dibersihkan, maka tarikan motor akan terasa berat bahkan berpotensi tersendat.

 

Komponen rem juga perlu mendapat perhatian setelah banyak digunakan saat perjalanan jauh. Karena pemakaian yang intens dapat menyebabkan kinerja rem lebih berat dan berimbas pada menipisnya kampas rem depan maupun belakang. Pasca perjalanan jauh dengan kondisi medan yang beragam tentunya berpotensi menjadikan kinerja suspensi motor menjadi tidak lagi optimal. Karena jika terlihat ada bekas lecet dan berminyak yang disertai debu menempel, maka ada indikasi suspensi motor mengalami masalah dan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Sebagai salah satu komponen vital, ban juga harus mendapatkan pengecekan, mengingat fungsi ban sangat penting dalam menopang beban motor dan menjaga traksi kendaraan ke permukaan jalan. Sejumlah pada ban yang harus mendapatkan pengecekan seperti kondisi fisik, tingkat keausan ban, dan tekanan angin ban.

 

Erwin Chandra menambahkan, untuk #cari_aman di jalan, maka pengecekan pada sejumlah komponen tersebut dapat dilakukan secara mandiri. Namun, jika tidak memiliki waktu luang atau merasa kesulitan untuk melakukan pengecekan, maka dapat langsung meluncur ke bengkel resmi AHASS agar mendapat bantuan dari ahlinya hingga motor kembali prima.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK