NEWS
DETAILS
Rabu, 13 Sep 2023 08:50 - Sumut Honda Bikers

Seiring dengan menjamurnya outlet pengisian nitrogen yang juga tersedia di beberapa outlet AHASS di Sumatra Utara, maka informasi terkait manfaat dari penggunaan nitrogen pada ban sepeda motor juga tentunya menjadi hal yang dibutuhkan para pengendara. Tidak dipungkiri, bahwa penggunaan nitrogen memang akan menjadikan ban motor lebih awet daripada menggunakan angin biasa.

 

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, saat ini masih banyak pengendara roda dua yang menggunakan angin biasa untuk mengisi ban motornya. Karena itu, Honda ingin berbagi informasi tentang beberapa keunggulan penggunaan nitrogen yang diharapkan dapat dijadikan referensi dan perbandingan bagi para pengendara .

 

Pertama, pada dasarnya, nitrogen mempunyai sifat yang unik yaitu dingin. Berbeda dengan udara biasanya yang mudah memuai saat suhunya naik, nitrogen akan tetap dingin saat di dalam ban motor. Ketika menggunakan nitrogen, pengendara juga tidak akan mengalami yang namanya ban meletus saat motor berjemur di siang bolong, karena nitrogen begitu sejuk.

 

Kedua, selain lebih dingin, molekul dari nitrogen juga diyakini lebih besar daripada molekul angin biasa. Karena molekulnya lebih besar, nitrogen ini lebih awet dan betah berada di dalam motor selama ban mu gak bocor. Berbeda dengan angin biasa yang tiap minggunya pasti ada penurunan volume.

 

Ketiga, kandungan dari nitrogen sendiri adalah 95% nitrogen dan 5% oksigen. Sedangkan angin biasa mengandung 78% nitrogen dan 21% oksigen dan air. Air ini yang biasanya menjadi penyebab pemuaian massa. Karenanya dianjurkan untuk menggunakan nitrogen yang dipastikan anti air.

 

Keempat, bagi pengendara motor yang masih pakai velg ataupun memakai lingkar berbahan besi, maka penggunaan angin biasa yang mengandung air ini kadang bikin bagian dalam velg ataupun lingkar motor jadi berkarat. Apalagi di pagi hari biasanya si udara ini mengeluarkan embun yang walaupun jumlahnya dikit tapi bisa ngerusak velg ataupun lingkar motor kesayangan anda.

 

Kelima, molekul nitrogen yang besar, padat dan mudah mengisi ruang ini membuat bentuk ban motor  dalam keadaan maksimal. Sedangkan bentuk ban saat diisi angin biasa memang akan sempurna, tapi tidak akan nyaman untuk dikendarai. Sedangkan nitrogen menawarkan fitur pengisian yang lebih sempurna. Walaupun bentuknya sudah sempurna, namun ban tidak keras. Jadi tarikan akan semakin enteng.

 

Keenam, selain lebih enteng, tentunya kendali motor akan lebih aman dan nyaman serta tentunya membuat bahan bakar sepeda motor kesayangan lebih irit lagi. Dimana motor akan tetap terjaga kendalinya karena empuknya ban bernitrogen ini akan mereduksi goncangan.

 

Sofiyan Hazri menambahkan, untuk mendapatkan pengalaman berkendara menyenangkan dan #cari_aman tentunya dibutuhkan kondisi prima dari setiap motor kesayangan, seperti halnya ban yang akan mendapatkan sejumlah manfaat jika diisi dengan nitrogen. Karenanya, pilihan yang tepat dan perawatan berkala di AHASS terdekat dipastikan akan mendukung gaya berkendara aman dan nyaman di jalan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK