NEWS
DETAILS
Senin, 02 Nov 2020 16:01 - Sumut Honda Bikers

Lebih peduli dengan motor dijamin tidak ada ruginya. Dengan memperhatikan kondisi berbagai komponen pada motor dipastikan berkendara akan semakin lancar dan menyenangkan. Seperti halnya memperhatikan kondisi knalpot yang merupakan saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang terjadi dalam mesin kendaraan bermotor.

Bisa dibayangkan jika motor tanpa knalpot, maka gas buang akan otomatis keluar langsung tanpa halangan, dan menyebabkan suara gas hasil pembakaran yang keluar menjadi bising dan aneh.Perlu diingat, bahwa kondisi knalpot bocor tidak hanya terjadi pada nalpot yang sudah berumur, namun motor yang digunakan ketika musim hujan juga  dapat menyebabkan berbagai komponen kendaraan menjadi berkarat dan lapuk  jika tidak langsung dibersihkan.

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, pengguna sepeda motor sebaiknya memiliki pengetahuan terkait berbagai komponen pada motor kesayangannya, tidak terkecuali pada kondisi knalpot yang sudah dalam kondisi bocor dan harus diganti. Selain dapat komponen lain seperti busi, klep, dan paking, knalpot bocor juga dapat  berdampak pada kualitas berkendara.

Memahami hal tersebut, maka pada kesempatan ini, akan berbagi pengetahuan mengenai dampak buruk dari membiarkan knalpot yang bocor.

 

1. Suara Bising dan Aneh

Umumnya knalpot bocor terjadi karena adanya karat. Karatan pada knalpot biasanya terjadi karena endapan air dalam komponen exhaust pipe dan menyebabkan komponen ini bocor.

Bagian pembuangan pembakaran yang bocor, akan menimbulkan suara bising yang kurang nyaman di dengarkan oleh telinga. Hal tersebut dikarenakan kebocoran pada knalpot menyebabkan suara yang dihasilkan tidak tersaring dan berpotensi mempengaruhi performa motor saat digunakan.

 

2. Panas Berlebih pada Motor

Kebocoran pada knalpotjuga dapat menyebabkan turunnya kinerja pada sektor dapur pacunya. Hal itu dikarenakan, pada knalpot yang bocor sirkulasi pendinginan menjadi tidak stabil. Dan  berdampak kepada kekuatan mesin. Dimana mesin yang seharusnya bekerja dengan normal, menjadi lebih berat dan panas (overheat).

Kondisi overheat pada motor yang terus dibiarkan akan cukup membahayakan. Karena jika tidak cepat diperbaiki, hal tersebut akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah

 

3. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Salah satu kebocoran knalpot mengakibatkan borosnya bahan bakar. Kondisi borosnya bahan bakar terjadi ketika sisa bahan bakar yang dibakar ikut keluar bersamaan dengan gas buang.  Jika dikalkulasikan, materi yang dikeluarkan untuk modifikasi motor tidak sebanding dengan borosnya bensin yang harus dibeli setiap harinya.

 

4. Pembakaran Tidak Maksimal

Knalpot yang berkarat dan berlubang dapat mengganggu proses pembuangan gas. Gangguan tersebut diakibatkan karena tidak optimalnya campuran bahan bakar dan udara. Sehingga, tenaga yang dihasilkan menyebabkan mesin motor tidak berfungsi secara optimal. Tidak maksimalnya kinerja mesin tersebut, jelas akan mempengaruhi kenyamanan pengendara ketika menggunakan motor. 

“ Saat berkendara,  keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas utama. Karena itu, penting untuk selalu #Cari_Aman, dimana sebelum berkendara pastikan terlebih dahulu motor dalam performa yang baik,  salah satunya dengan rajin memeriksa kondisi pada knalpot. Disarankan pengecekan juga dilakukan secara rutin, baik secara mandiri maupun mempercayakan pada ahlinya dengan  perawatan berkala di bengkel resmi AHASS bersama mekanik terlatih Honda, “ ujar Feri Panji.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK