NEWS
DETAILS
Senin, 17 Apr 2023 09:21 - Sumut Honda Bikers

Rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan motor kesayangan secara rutin di bengkel resmi jadi hal yang wajib dilakukan pengendara jika ingin sepeda motornya selalu dalam kondisi prima. Selain itu, selalu menjaga kebersihan sepeda motor akan membuatnya jadi lebih awet, aman dan nyaman dikendarai.

 

Pasalnya, kotoran seperti debu atau lumpur yang menempel pada bodi dan komponen sepeda motor bisa menjadi kerak yang berpotensi merusak cat bodi motor. Kerak juga berbahaya jika ada di bagian-bagian komponen sepeda motor yang mudah korosi.

 

Biasanya, karena alasan kesibukan atau ketidaktahuan banyak konsumen yang tidak begitu menghiraukan kondisi sepeda motornya. Di sisi lain, membawa barang berlebih dan sembarang meletakan barang di dalam bagasi juga berpotensi menimbulkan kerusakan.

 

Ada beberapa benda berpotensi menimbulkan bahaya pada sepeda motor jika tidak memperhatikan aspek kebersihan, seperti kain, plastik, kertas atau sejenisnya. Dimana benda-benda tersebut adalah bahan mudah terbakar dan berisiko jika tersangkut pada area pipa knalpot sepeda motor. Disarankan tidak menyimpan korek api dan benda lain yang terbuat dari logam seperti obeng, kaleng cat semprot (spray) dan lainnya pada box bagian depan atau di bagasi bawah jok, karena sangat berisiko terjadi korsleting karena bagasi bawah jok motor berdekatan dengan battery (aki) khususnya untuk motor tipe sport.

 

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa terdapat sejumlah tips sederhana yang dapat menjadikan motor awet, aman dan nyaman. Pertama, periksa secara rutin dan pastikan setiap bagian sepeda motor bersih dari benda-benda tersebut, khususnya pada area pipa knalpot, jok motor, dan boks depan. Jangan lupa untuk rutin mencuci sepeda motor. Kedua, perlu juga diperhatikan kebersihan area parkiran sepeda motor. Bersihkan secara rutin area parkir motor di garasi, sedangkan ketiga jangan sembarang meletakan tools kit serta buku pedoman pemilik dan servis garansi pada bagasi bawah jok. Simpanlah di tempat yang telah disediakan pada bagian bawah jok.

 

“ Untuk menjaga kualitas motor agar selalu prima dan awet, maka selain rutin melakukan hal sederhana di atas, lakukan juga pemeriksaan dan perawatan motor kesayangan di bengkel resmi AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan oleh mekanik berpengalaman, dan dapat memanfaatkan layanan booking service untuk bebas antri, “ ujar Erwin Chandra.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK